Kamis, 12 Mei 2016



Ide Kreatif Tentang Sistem Oprasional Bank Syariah
Dibuat guna memenuhi tugas Sistem Oprasional Bank Syariah
Dosen Pengampu : Drs. Gita Danupranata 


Di susun oleh :

1.     Fitriyan Setiawani 20140730021
2.     Nurfina Rofi’ah     20140730029
3.     Nurul Khanif         20140730038
4.     Esti Maulita R       20140730039
5.     Dewi Setianingsih 20140730040


Ekonomi & Perbankan Syariah
Fakultas Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
2016

Ide Kreatif Sistem Oprasional Bank Syariah
ATM GUNAKAN SISTEM SCAN WAJAH DAN SIDIK JARI




Hanya butuh menggesek kartu dan mengisi empat digit angka, bagi pelaku kejahatan untuk mencuri informasi bank dan mengambil uang tunai sebanyak yang mereka inginkan dari mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) terdekat.
Di sini kami memberikan ide kreatif  kami dalam perbankan khususnya dibagian penggunaan mesin ATM . Dikarenakan di Indonesia sering terjadi pembobolan ATM maka kami memberikan solusi penggunaan mesin ATM menggunakan scan wajah,sidik jari dan suara. Contohnya seperti yang sudah diterapkan Bank di Rusia yang menguji mesin ATM dengan keamanan tertinggi yang bisa mengenali suara anda, mengambil sidik jari dan men-scan wajah.
Sistem ini dikembangkan oleh Speed Technology Centre, yang juga bekerja untuk Badan Intelegent Negara dalam negeri Rusia. Sistem ini juga diterapkan di Negara China.
Pada mesin ATM dilakukan modifikasi dengan tambahan sebuah kamera untuk mendeteksi wajah si pemilik kartu ATM. Kamera ini akan mendeteksi foto serta menyesuaikannya dengan foto kartu ID ketika nasabah mendaftar rekening pertama kalinya.
          Demi keamanan nasabah dan pihak bank sendiri mesin ATM ini juga hadir untuk mendetekasi adanya tigkat kejahatan seperti aksi pembobolan paksa uang milik nasabah. Sehingga dengan solusi tersebut dapat mengurangi tingkat pencurian atau pembobolan ATM atau mencegah terjadinya sesuatu yang dapat merugikan nasabah atau pemilik ATM .

Kelemahannya:
1.  belum diterapkan di indonesia
2.  Seiring  berjalannya waktu wajah akan berubah sehingga lebih aman menggunakan retina mata dibandingkan scan wajah

Kelebihannya :
1. Resiko kebobolan di ATM lebih kecil, karena ketika bukan  pemilik rekening yang melakukan transaksi pengambilan uang di ATM, alarm akan berbunyi dan menandakan bahwa dia adalah bukan pemilik kartu/account tersebut.
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar